Apa itu VC dalam Startup?

800x450-FundingVC merupakan sebuah perusahaan yang dibentuk untuk memberi investasi ke perusahaan-perusahaan kecil yang baru dibangun. Dalam hal ini, perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan teknologi yang didesain untuk berkembang dengan cepat—atau biasa disebut dengan startup.
Alasan mengapa sebuah VC memberi investasi adalah karena mereka paham bahwa startup tahap awal memerlukan bantuan dana untuk bisa bertahan hidup, dan memecahkan masalah dengan produk yang kembangkan.
Sebagai timbal balik dari investasi yang telah diberikan, sebuah VC akan mendapatkan sejumlah saham dari perusahaan tersebut. Dengan harapan ketika bisa dicairkan, saham tersebut bernilai jauh lebih besar dari jumlah investasi yang telah dikeluarkan.
Namun dalam kenyataannya, tidak semua VC mendapat apa yang mereka harapkan. Salah satu penyebabnya karena startup yang mereka investasi gagal di tengah jalan. Sehingga tidak heran apabila sebuah VC akan memberikan investasi ke banyak startup sekaligus. Ini layaknya menanam bibit dan berharap salah satu dari mereka akan tumbuh serta menghasilkan buah.

1 comment:

  1. informasi yang menambah wawasan , makasih sudah share min..
    dc power supply

    ReplyDelete