Situs E-Commerce B2C Terpopuler di Indonesia

1. Lazada Indonesia

Lazada
Lazada merupakan situs e-commerce yang diluncurkan, diinkubasi, dan mendapat pendanaan dari Rocket Internet, sebuah perusahaan e-commerce asal Jerman. Lazada merupakan startup dengan nilai pendanaan yang terbesar di Asia Tenggara.
Empat tahun beroperasi di Indonesia, Lazada telah berkembang menjadi pelaku e-commerce B2C terbesar di Indonesia. Basis pengguna Lazada Group di Asia Tenggara tercatat sebanyak 5,3 juta di penghujung kuartal pertama tahun 2015.

2. Traveloka

Traveloka
Traveloka merupakan situs penjualan tiket pesawat dan kamar hotel yang didirikan pada tahun 2012. Sejak beroperasi, Traveloka telah mendapat dua kali pendanaan dengan jumlah yang tidak disebutkan. Pada bulan November 2014, Traveloka mengklaim kalau mereka memperoleh sekitar 250.000 kunjungan setiap harinya.

3. MatahariMall

MatahariMall
MatahariMall adalah situs e-commerce yang dikembangkan oleh salah satu keluarga terkaya di Indonesia, yaitu keluarga Riady (Lippo Group). Lippo mengklaim kalau mereka telah mengucurkan pendanaan sebesar US$500 juta untuk MatahariMall, dan menginginkan e-commerce ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Pada bulan Desember 2015, MatahariMall mengatakan kalau mereka memiliki total 150 ribu Stock Keeping Unit (SKU).

4. Bhinneka

Bhinneka
Bhinneka adalah salah satu pelaku e-commerce pertama yang muncul di Indonesia dengan barang-barang elektronik sebagai produk utamanya. Situs ini sudah bertahan selama lebih dari 23 tahun hingga saat ini. Pada bulan November 2015, mereka mengumumkan pendanaan sebesar US$22 juta (sekitar Rp300 miliar) dari venture capital lokal Ideosource.

5. Agoda

Agoda
Agoda adalah situs penyedia tempat menginap di ratusan kota di dunia. Berasal dari Singapura, Agoda telah beroperasi sejak tahun 1998.

6. Zalora Indonesia

Zalora
Zalora adalah salah satu situs e-commerce fashion buatan Rocket Internet yang cukup terkenal di Asia. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pria dan wanita dan memiliki salah satu koleksi terbesar dari merek-merek terkenal di Indonesia.

7. Tiket

Tiket
Tiket adalah salah satu situs e-commerce perjalanan terbesar di Indonesia. Di situs ini, kamu bisa membeli berbagai produk perjalanan seperti tiket pesawat, hotel, tiket kereta, tiket konser, dan bahkan menyewa mobil.

8. JakartaNotebook

JakartaNotebook
JakartaNotebook adalah situs e-commerce yang menjual berbagai macam produk komputer dan aksesorisnya. Tak hanya itu, situs ini juga menjual beragam gawai, seperti alat-alat fotografi, software, dan produk IT lainnya. JakartaNotebook juga memiliki toko fisik di Jakarta, Semarang, dan Surabaya untuk menjual produknya.

9. Bilna

Bilna
Bilna merupakan situs e-commerce yang menjual produk-produk untuk ibu dan bayi. Pada awal tahun 2016, mereka bergabung dengan Moxy menjadi Orami.

10. Groupon Indonesia

Groupon
Groupon adalah situs penjual diskon yang masuk ke Indonesia dengan mengakuisisi situs Disdus di tahun 2011. Sampai saat ini mereka masih menjadi pemimpin di bisnis ini.

11. Berrybenka

Berrybenka
Berrybenka merupakan situs e-commerce yang pada awalnya hanya menyediakan produk fashion untuk wanita. Namun kini mereka juga menyediakan pilihan produk  fashion untuk pria. Berbeda dengan situs-situs lain, Berrybenka lebih memilih untuk bermitra dengan produsen lokal dan independen daripada merek yang lebih terkenal.

12. JD

JD
JD merupakan situs e-commerce yang menjadi pesaing Alibaba di Cina. Perusahaan ini bahkan telah melakukan penawaran saham ke publik (IPO) sebesar $1,78 miliar (Rp24 triliun) pada bulan Mei 2014 lalu. Pada bulan Oktober 2015 yang lalu, mereka pun resmi beroperasi di Indonesia.

1 comment: