Tipe-tipe Investasi VC

Model Bisnis Feature 800x450

Investasi tidak berlangsung hanya sekali, tetapi sebuah startup yang bagus akan menerima putaran investasi berkali-kali hingga mencapai tahap exit. Jumlah dan putaran investasi yang diterima sesuai dengan tahap dari startup tersebut. Berikut adalah tipe-tipe investasi yang dilakukan oleh VC.
Seed Capital, atau investasi tahap awal, merupakan investasi yang diterima oleh startup yang masih berada pada tahap validasi produk. Yang mana sang VC akan memberikan investasi untuk membantu si startup mengembangkan produk, riset pasar, dan biaya operasional.
Startup Capital, atau bisa disebut juga dengan “later seed-stage,” merupakan tahap bagi startup yang telah memiliki produk dan setidaknya sudah mendapatkan penghasilan. VC yang memberikan investasi pada tahap ini bisa dibilang tidak terlalu banyak. Investasi yang diberikan biasanya akan digunakan untuk merekrut lebih banyak anggota tim, riset pasar tambahan, dan memaksimalkan produk.
Early Stage Capital diberikan ke startup yang telah beroperasi dua atau tiga tahun. Yang mana si startup telah memiliki sebuah kantor, manajemen tim yang solid, dan penjualan yang terus meningkat. Jadi sang VC akan memberikan investasi untuk meningkatkan penjualan sampai tahap puncak, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan efisiensi perusahaan.
Expansion Capital merupakan investasi yang diberikan pada saat perusahaan kamu sudah cukup stabil, dan memerlukan bantuan dari VC untuk melakukan ekspansi ke tahap pertumbuhan selanjutnya. Investasi yang diberikan pada tahap ini juga sebagian besar akan digunakan untuk pemasaran.
Late Stage Capital diberikan ketika perusahaan kamu sudah mencapai tahap penjual dan pendapatan yang impresif. Jadi investasi diperlukan untuk meningkatkan kapasitas, pemasaran, atau meningkatkan gaji karyawan.

1 comment:

  1. informasi yang menarik sekali miin, makasih artikelnya.
    timah solder

    ReplyDelete